Daop 2 Bandung Layani 9,42 Juta Penumpang di Tahun 2024
BANDUNG- PT Kereta Api Indonesia (KAI) daerah operasi (Daop) 2 Bandung telah melayani 9.424.181 penumpang yang berangkat dan tiba sepanjang tahun 2024. Terdiri dari 4.720.022 pelanggan berangkat dan 4.704.159 pelanggan datang.
Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung Ayep Hanapi mengatakan peningkatan jumlah penumpang mencerminkan kepercayaan dan antusiasme masyarakat terhadap layanan kereta api. Ia pun menyampaikan apresiasi setinnggi-tingginya kepada seluruh pelanggan dan tim yang telah berkontribusi pada peningkatan kinerja ini.
"Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api kami. Peningkatan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan pelayanan," ucap Ayep, Kamis (15/1/2025).
Ayep melanjutkan sepanjang tahun 2024 terdapat dua kereta favorit pelanggan yaitu kereta api lokal PSO Siliwangi relasi Cipatat-Sukabumi dan kereta api Cikuray relasi Garut-Gambir.
"Dari seluruh perjalanan kereta api yang dijalankan, rute tujuan favorit pelanggan adalah menuju Sukabumi dan Gambir ataupun sebaliknya, yang menjadi andalan pelanggan untuk perjalanan wisata, bisnis, maupun keperluan lainnya," kata dia.
Ia menambahkan beberapa stasiun utama di wilayah Daop 2 Bandung mencatatkan jumlah pelanggan yang signifikan yaitu Stasiun Bandung melayani 3.037.534 pelanggan, 1.502.811 berangkat dan 1.534.723 tiba. Stasiun Kiaracondong melayani 1.854.495 pelanggan, 931.197 berangkat dan 923.298 tiba.
Stasiun Cianjur melayani 962.450 pelanggan, 461.394 berangkat dan 501.056 tiba. Stasiun Tasikmalaya melayani 772.271 pelanggan, 384.299 berangkat dan 387.972 tiba.
Stasiun Banjar melayani 440.433 pelanggan, 221.850 berangkat dan 218.583 tiba. Ayep menambahkan keberhasilan ini tidak tidak terlepas dari komitmen KAI Daop 2 Bandung untuk terus menghadirkan inovasi dan peningkatan pelayanan, termasuk memastikan ketepatan waktu, kebersihan, dan kenyamanan fasilitas kereta.
Selain itu, Daop 2 juga aktif mempromosikan perjalanan ramah lingkungan dengan mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan moda transportasi kereta api.
PT KAI Daop 2 juga berterima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya memilih kereta api sebagai moda transportasi Utama untuk bepergian. Ke depannya, Daop 2 Bandung akan terus berinovasi dan mengembangkan layanan untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan memenuhi kebutuhan pelanggan
"Kami percaya bahwa layanan kereta api adalah solusi transportasi yang aman, nyaman, dan berkelanjutan. Kami optimis untuk terus berkontribusi dalam mendukung mobilitas masyarakat dan pertumbuhan ekonomi di wilayah operasinya pada tahun-tahun mendatang," kata Ayep.