Home > Info Terkini

Itenas Bandung Resmi Terima 1.432 Mahasiswa

Mahasiswa menjadi agen perubahan dan kreatif serta menjadi problem solving
Rektor Itenas Prof Meilinda Nurbanasari bersama 1.432 orang mahasiswa baru mengikuti sidang penerimaan mahasiswa baru di Gedung Itenas, Kamis (12/9/2024). Istimewa. 
Rektor Itenas Prof Meilinda Nurbanasari bersama 1.432 orang mahasiswa baru mengikuti sidang penerimaan mahasiswa baru di Gedung Itenas, Kamis (12/9/2024). Istimewa.

BANDUNG- Kampus Institus Teknologi Nasional (Itenas) Bandung resmi menerima 1.432 orang mahasiswa dari total pendaftar mencapai 6.281 orang pada tahun ajaran 2024/2025. Mereka terdiri dari 1.419 orang mahasiswa strata sarjana (S1) dan 13 orang mahasiswa strata magister (S2).

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswan Itenas Bandung Prof Tarsisius Kristyadi mengatakan 1.432 orang mahasiswa yang diterima berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dengan mayoritas di Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten. Sebanyak 18 orang memperoleh beasiswa OSC Medcom dan 300 orang menerim KIP kuliah.

"Dari 6.281 orang pendaftar, sebanyak 1.432 orang mahasiswa resmi diterima," Kamis (12/9/2024).

Ia melanjutkan kampus menyelenggarakan sidang terbuka pimpinan dan senat penerimaan mahasiswa baru sarjana dan magister tahun akademik 2024/2025 di Gedung Serbaguna Bale Dayang Sumbi, Itenas. Terdapat mahasiswa termuda dengan usia 16 tahun 11 bulan Aryasatya Ramadhan.

Rektor Itenas Prof Meilinda Nurbanasari mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang diterima di kampus Itenas Bandung. Ia menekankan untuk memanfaatkan kesempatan pendidikan di Itenas dengan baik.

"Kami berharap mahasiswa baru menjadi agen perubahan, dan pembelajar sejati. Itenas berkomitmen untuk mengembangkan potensi setiap mahasiswa baik dalam aspek akademik dan softskill," kata dia.

Ia memakaikan jas almamater kepada dua orang perwakilan mahasiswa. Selanjutnya dilakukan pembacaan janji mahasiswa oleh mahasiswa. Ia pun mengapresiasi prestasi dosen dan mahasiswa di tingkat nasional dan internasional diantaranya perolehan hibah eksternal mencapai Rp 3,28 miliar.

Selain itu masuk ke pemeringkatan internasional QS Asia University Ranking dan Times Higher Education World University Rangking. Selain itu akan dilakukan pertukaran pelajar dengan kampus di Jerman.

Selain itu terdapat dua orang mahasiswa yang memperoleh prestasi internasional yaitu Harastha Haifa Zahra sebagai miss Supranational 2024 dan Farhan Abdul Latif juara satu ajang 2nd World Hapkido Martial Art Federation Asian Hapkido Championships.

"Itenas berkomitmen terus mencetak generasi yang unggul baik dalam aspek akademik maupun pengembangan soft skill yang relevan dengan perkembangan zaman," kata dia.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah IV Samsuri memberi pembekalan kepada mahasiswa terkait karakter mahasiswa di era 4.0. Mahasiswa harus memiliki kreativitas, keterampilan elektronik, komunikasi, problem solving, adaptasi, etika dan tanggung jawab. Ia mengapresiasi pembentukan pusat pencegahan kekerasan seksual.

× Image