Home > Info Terkini

Konten Kreator Diajak Buat dan Sisipkan Konten Pancasila

Konten Kreator Buat Konten Pancasila untuk Gen Z
Peserta kegiatan BPIP di Pendopo Bandung, Rabu (26/6/2024). Dok Istimewa
Peserta kegiatan BPIP di Pendopo Bandung, Rabu (26/6/2024). Dok Istimewa

BANDUNG- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengajak seluruh konten kreator untuk membuat atau menyisipkan materi-materi tentang Pancasila pada konten yang diproduksi. Mereka pun turut mengedukasi para konten kreator tentang penerapan nilai-nilai Pancasila.

BPIP meluncurkan program For Your Pancasila bertajuk Napak Tilas Sejarah Perjuangan di Bandung di Pendopo Kota Bandung, Rabu (26/6/2024). Sebanyak 250 konten kreator hadir dalam acara tersebut.

Beberapa narasumber turut hadir dalam acara tersebut seperti pegiat media sosial Deris Nagara, Puteri Indonesia tahun 2017 Kevin Lilliana dan staf khusus ketua dewan pengarah BPIP Antonius Venny Susetyo. Serta tokoh-tokoh yang lainnya.

Fasilitasi pimpinan, hubungan masyarakat dan administrasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI Mahran Marbawi mengatakan nilai-nilai Pancasila harus ditanamkan dalam diri generasi muda. Selain itu, perlu disosialisasikan melalui konten-konten kreatif di media sosial.

"Dibutuhkan peran konten kreator untuk mengedukasi sesama generasi muda tentang pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila," ucap dia.

Ia berharap para konten kreator dapat menyisipkan nilai-nilai ideologi Pancasila dalam konten kreatif yang inovatif dan mencerahkan.

Sementara itu, pegiat media sosial dan peraih Campbell Award 2024 Deris Nagara mengatakan silih asah, silih asih, silih asuh merupakan bentuk nilai Pancasila yang sudah dipegang oleh orang Sunda. Oleh karena itu, saat berada dimana pun harus sesuai falsafah.

"Dimana pun bumi dipijak di situ langit dijunjung, salah satu kata silih asih silih asah silih asuh merupakan semboyannya orang Sunda atau Jawa Barat," kata dia.

Kegiatan napak tilas jejak sejarah perjuangan di Kota Bandung akan dilaksanakan pada Kamis 27 Juni 2024 ke sejumlah lokasi yaitu

1. Gedung Indonesia Menggugat 2. Institut Teknologi Bandung (ITB) 3. Gedung Merdeka 4. Museum Mandala Wangsit Siliwangi 5. Gedung Sate 6. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat 7. Monumen Pahlawan Pandemi

× Image