Home > Info Terkini

Gempa Bumi Magnitudo 3,1 Guncang Kota Tasikmalaya

Gempa Bumi Magnitudo 3,1 Guncang Kota Tasikmalaya
Gempa bumi magnitudo 3,1 terjadi di wilayah Kota Tasikmalaya. Dok Republika
Gempa bumi magnitudo 3,1 terjadi di wilayah Kota Tasikmalaya. Dok Republika

BANDUNG- Gempa bumi tektonik magnitudo 3,1 mengguncang Kota Tasikmalaya dan sekitarnya, Jumat (16/2/2024). Titik gempa berada di darat pada jarak 8 kilometer tenggara Kota Tasikmalaya dengan kedalaman 6 kilometer.

"Kejadian gempa bumi hari Jumat tanggal 16 Februari pukul 18.51 WIB di wilayah Kota Tasikmalaya dan sekitarnya. Hasil analisa BMKG menunjukkan gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,1," ucap Kepala BBMKG wilayah II Tangerang Hartanto melalui keterangan resmi, Jumat (16/2/2024).

Dengan memperhatikan lokasi dan kedalamannya, ia mengatakan gempa bumi yang terjadi jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat. Hartanto menjelaskan gempa bumi dirasakan di wilayah Tasikmalaya dimana getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

"Di Pangandaran dan Ciamis, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," kata dia.

Namun hingga saat ini, ia mengatakan belum terdapat laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi. "Hingga pukul 19.18 WIB hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," kata dia.

Ia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat dapat memperoleh informasi resmi hanya bersumber dari BMKG.

"Masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," kata dia.

× Image